home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Universitas Harvard Terbitkan Studi Kasus Mengenai Kesuksesan Global BTS

Sabtu, 27 Juni 2020 17:00 by fzhchyn | 2375 hits
Universitas Harvard Terbitkan Studi Kasus Mengenai Kesuksesan Global BTS
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Tak sedikit yang beranggapan bahwa kesuksesan BTS adalah sebuah anomali, yang tak bisa dijelaskan secara teori. “Apa formula dan kunci kesuksesan BTS?” mungkin menjadi pertanyaan yang kerap dilemparkan kepada grup maupun sang kreator, Bang Shi Hyuk.

Baru-baru ini, Harvard Business School, sekolah bisnis pascasarjana di Universitas Harvard, menerbitkan sebuah studi kasus berjudul ‘Big Hit Entertainment and Blockbuster Band BTS: K-Pop Goes Global’ yang ditulis oleh profesor Anita Elberse dan Lizzy Woodham.

Dalam studi kasus tersebut, penulis menyebutkan bagaimana popularitas BTS sangat menguntungkan, di mana ekosistem grup ini menyumbang sekitar 4,9 miliar USD (sekitar 70,3 triliun rupiah) pada Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan.

Baca juga: Pop-up Store BTS 'MONOCHROME' Akan Hadir di Jakarta pada Mei-Juni

Angka tersebut lebih banyak dari yang disumbangkan maskapai nasional di Negeri Ginseng, Korean Air. PDB sendiri merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kondisi perekonomian suatu negara dalam suatu periode tertentu.

Dampak ekomoni BTS dalam 10 tahun diperkirakan mencapai 50 miliar USD (sekitar 717,5 triliun rupiah), lebih tinggi dari PyeongChang Winter Olympic 2018. Laporan yang sama memperkirakan bahwa hampir 800.000 orang asing, satu dari setiap 13, mengunjungi Korsel karena BTS.

Pendiri Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk juga mengungkapkan hal mendetil mengenai bagaimana awal BTS terbentuk, tahapan mereka mencapai kesuksesan, hingga negosiasi tentang perpanjangan kontrak selama tujuh tahun medatang. Untuk membaca selengkapnya, studi kasus bisa didapatkan melalui tautan ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)