home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dituding Ada Baju Adat China, Kenali Ragam Pakaian Adat di Uang Rp 75 ribu

Selasa, 18 Agustus 2020 16:15 by bellaevania | 1633 hits
Dituding Ada Baju Adat China, Kenali Ragam Pakaian Adat di Uang Rp 75 ribu
Image Source: Klik Samarinda

DREAMERS.ID - Memperingati HUT RI ke-75, Bank Indonesia mencetak edisi khusus uang kertas pecahan Rp 75 ribu. Uang ini dicetak secara terbatas dan bisa didapatkan masyarakat untuk dijadikan koleksi.

Masyarakat harus memesan uang ini melalui aplikasi PINTAR atau lewat tautan https://pintar.bi.go.id. Uang ini memiliki makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Pada bagian depan uang pecahan Rp 75 ribu ini bergambar proklamator Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, dibawahnya terdapat transportasi MRT yang mewakili kemajuan pembangunan Indonesia. Sedangkan tampak belakang uang adalah gambar sembilan anak yang memakai baju adat berbeda yang bermakna memperteguh kebhinekaan.

Baca juga: Ada Syarat-syaratnya Lho, Yuk Cari Tahu Di Mana Saja Bisa Tukar Uang Baru Pecahan Rp75.000

Beredar hoaks bahwa salah satu baju adat tersebut berasal dari China. Namun dipastikan bahwa baju adat tersebut berasal dari Tidung, Kalimantan Utara. Baju adat yang ada di pecahan Rp 75 ribu mewakili sembilan provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua.

Di bagian belakang, juga terdapat gambar satelit merah putih sebagai gambaran komunikasi yang kokoh di negara kesatuan RI. Ada pula gambar bola dengan peta Indonesia berwarna emas sebagai pusatnya yang melambangkan melambangkan peran strategis indonesia dalam kancah global.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)