home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Twitter Uji Coba Batas Kicauan 280 Karakter ke Jutaan Pengguna

Rabu, 27 September 2017 11:30 by fzhchyn | 1508 hits
Twitter Uji Coba Batas Kicauan 280 Karakter ke Jutaan Pengguna
Image source: Android Central

DREAMERS.ID - Dalam beberapa tahun belakangan, pengguna Twitter mulai menganggap batasan 140 karakter menjadi kendala dalam membuat kicauan. Twitter pun sudah melakukan beberapa trik agar penggunanya bisa nge-tweet lebih panjang tanpa menghilangkan ciri khas 140 karakter tersebut.

Mulai dari tak menghitung karakter link atau tautan hingga foto dan video, namun pengguna Twitter sepertinya masih belum puas. Baru-baru ini, layanan micro-blogging tersebut mengumumkan jika mereka tengah menguji coba batasan karakter menjadi dua kali lipat, yaitu 280 karakter.


Image source: twitter.com/jack

“Ini adalah perubahan kecil, tapi sebuah langkah yang besar bagi kami. 140 adalah pilihan yang didasarkan pada batasan 160 karakter pada SMS,” kata kepala eksekutif Jack Dorsey, mengumumkan update tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Lebih lanjut dalam blog resmi Twitter, product manager Aliza Rosen mengatakan, "Kami ingin setiap orang di seluruh dunia dapat mengekspresikan diri mereka dengan mudah di Twitter. Oleh karena itu, kami melakukan sebuah percobaan baru: memberikan batas karakter lebih panjang (280 karakter) pada bahasa yang dipengaruhi oleh adanya batas karakter sebelumnya yang mana dialami oleh semua bahasa; kecuali bahasa Jepang, Cina, dan Korea.”


Tweet 140 karakter (kiri) dan 280 karakter (kanan) di timeline

Baca juga: Gigi Hadid Tutup Akun Twitter Usai Dibeli Elon Musk

Menariknya, batas karakter bukanlah masalah di semua bahasa. Misalnya, ketika pengguna membuat tweet dalam bahasa Inggris, mereka akan dengan cepat mendekati batas 140 karakter dan harus mengedit tweet tersebut agar sesuai dengan batasan.


Tweet yang sama dalam bahasa yang berbeda

Tapi saat ada pengguna menulis tweet dalam bahasa Jepang, ia tidak memiliki masalah yang sama. Saat pengguna tersebut selesai menulis tweet-nya, ia masih memiliki ruang untuk menuliskan beberapa kata atau kalimat lagi. Hal ini dikarenakan dalam bahasa seperti Jepang, Korea, dan Cina, pengguna dapat menyampaikan dua kali lipat jumlah informasi dalam satu karakter, tidak seperti dalam banyak bahasa lainnya seperti bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, atau Prancis.

Uji coba 280 karakter ini baru Twitter berikan kepada sekitar 328 juta pengguna di dunia sebelum memutuskan apakah pembaruan ini perlu diterapkan atau tidak untuk semua penggunanya. Apa kamu termasuk yang dapat mencoba 280 karakter ini Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)