home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Robot Twitter Buatannya Kicaukan Rasisme, Microsoft Minta Maaf

Minggu, 27 Maret 2016 23:00 by fzhchyn | 2542 hits
Robot Twitter Buatannya Kicaukan Rasisme, Microsoft Minta Maaf
Image source: Twitter

DREAMERS.ID - Untuk mempelajari lebih banyak tentang sebuah program kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan istilah artificial intelligence (AI), Microsoft menciptakan sebuah bot atau mesin penjawab otomatis dalam sebuah akun Twitter.

Chatbot milik Microsof yang diberi nama Tay (@TayandYou) itu mulai aktif berkicau sejak Rabu (23/3). Awalnya, kicauan Tay biasa saja dan tak berbahaya, namun semakin banyak pengguna yang melakukan obrolan dengannya, akun Tay menjadi semakin tak terkendali.

Seperti yang dilaporkan, Tay memang dirancang Microsoft menjadi lebih ‘pintar’ saat lebih banyak pengguna melakukan interaksi dengannya. Namun rupanya hal itu menjadi bumerang tersendiri karena program itu secara cepat justru mempelajari banyaknya caci makian dan pernyataan anti-kelompok tertentu yang didapatkan dari para pengguna Twitter yang merupakan akun manusia asli.



Image source: Twitter

Dalam satu contoh yang umum, Tay menuliskan bahwa Feminisme adalah penyakit kanker dalam menanggapi pengguna Twitter lainnya yang menuliskan pesan yang sama.

Baca juga: Gigi Hadid Tutup Akun Twitter Usai Dibeli Elon Musk

Karena hal tersebut memicu keluhan hingga kecaman dari sejumlah pengguna Twitter yang mendapatkan pesan rasis dan seksis, Microsoft pun terpaksa menonaktifkan Tay pada Kamis (24/3) dan menyatakan permintaan maaf.

"Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas serangan dan komentar menyakitkan yang tidak diinginkan itu dari Tay, yang tidak mencerminkan siapa kami sebenarnya atau apa yang kami junjung, ataupun tentang bagaimana kami merancang Tay," tulis Peter Lee, wakil pemimpin penelitian Microsoft dalam blog resmi, mengutip Antara.

Microsoft mengumukan dalam postingan blog bahwa mereka akan mengaktifkan kembali Tay hanya jika para pengembangnya mampu menemukan cara untuk mencegah pengguna Internet mempengaruhinya dengan cara yang tidak sejalan dengan prinsip dan nilai etika perusahaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)