home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Terbukti Kebenarannya, Mitos Tentang Tidur Ini Masih Banyak Dipercaya

Rabu, 25 Januari 2017 18:00 by fzhchyn | 3965 hits
Tak Terbukti Kebenarannya, Mitos Tentang Tidur Ini Masih Banyak Dipercaya
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Seperti halnya mandi dan makan, tidur sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Tapi kerena begitu wajarnya, orang sering kali merasa mengetahui hal-hal seputar tidur yang faktanya mungkin hanyalah mitos belaka.

Dilansir dari CNN, beberapa mitos tentang tidur yang masih banyak dipercaya orang ini, sebaiknya perlu diperhatikan lagi kebenarannya.

1. Obat tidur tidak berbahaya

Dalam beberapa laporan kasus, ada jenis obat tidur yang memiliki efek samping yang membuat peminumnya bersikap aneh, seperti menyukai makanan kucing, menyetir sambil tidur, dan lainnya. Tapi meskipun obat tidur yang dikonsumsi tidak berefek seekstrem itu, National Institute of Health sudah mewanti-wanti bahwa orang yang mulai makan obat tidur sebenarnya hanya akan mendapat tambahan tidur selama 15 menit dalam semalam.

2. Minuman berenergi membuat tubuh kuat sepanjang hari

Mengkonsumsi minuman berenergi memang dapat memberikan suntikan semangat sementara waktu yang membuat tubuh terjaga siang atau malam hari. Tapi hal ini tak bisa menutupi dampak negatifnya, bahwa kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kenaikan berat badan. 

Baca juga: Kata Ahli, Ini Artinya Jika Mimpi Seseorang yang Tidak Terduga

3. Menonton TV membantu cepat tidur

Jika kamu percaya bahwa dengan menonton TV kita bisa lebih cepat tertidur, maka itu salah besar. Faktanya, cahaya yang berpendar dari layar televisi mengurangi kadar melatonin dalam tubuh. Padahal secara alami melatonin diproduksi untuk membuat manusia mudah terlelap.

4. Cepat tidur, cepat bangun, membuat orang sehat, makmur dan bijaksana

Faktanya, yang paling bijaksana adalah jika kita memenuhi kebutuhan kuantitas waktu tidur dan taat pada rutinitas kapan waktu tidur dan kapan waktu bangun sepanjang minggu. Intinya adalah bagaimana untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur. Karena memaksakan tidur pada bukan waktunya akan mengakibatkan rasa lemas dan berkurangnya produktivitas.

5. Tetap di tempat tidur meski tak bisa tidur

Saat kita terbangun dari tidur di malam hari dan mencoba kembali untuk tidur namun tidak bisa, jangan memaksakan diri untuk tidur di tempat yang sama. jika dalam 20 menit tak bisa kembali tidur, bangunlah dan pindah ke ruangan lain. Biarkan ruangan gelap dan hindari kegiatan yang membutuhkan cahayan seperti membaca dan membuka gadget.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)