home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Antartika yang Meleleh Drastis dalam 9 Hari

Minggu, 01 Maret 2020 16:30 by muthiasp | 1357 hits
Penampakan Antartika yang Meleleh Drastis dalam 9 Hari
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Fenomena pemanasan global semakin dirasakan dampaknya belakangan ini. Khususnya bisa terlihat di wilayah kutub, yang lapisan esnya semakin hari semakin meleleh dengan intensitas yang drastis.

Dilansir dari laman CNN, gelombang panas sembilan hari melelehkan ujung utara Antartika awal bulan ini. Tangkapan foto NASA yang baru mengungkapkan bahwa hampir seperempat lapisan salju di pulau Antartika mencair selama waktu tersebut.

Gambar-gambar di atas menunjukkan Pulau Elang di semenanjung timur laut benua es di awal dan akhir gelombang panas Antartika bulan ini. Pada akhir gelombang panas sembilan hari, banyak tanah di bawah lapisan es itu terlihat, dan tampam genangan air lelehan di permukaannya.

Sebelumnya, Antartika dilaporkan mengalami temperatur terpanas pada rekor awal bulan ini, dengan titik tertinggi pada 64,9 derajat Fahrenheit. Los Angeles mengukur suhu yang sama hari itu, kata NASA.

Baca juga: Kasus Covid-19 Pertama Antartika, Langsung Kena Puluhan Orang

Hanya dalam waktu lebih dari seminggu, 4 inci lapisan salju Pulau Elang meleleh atau sekitar 20 persen dari total akumulasi salju musiman di pulau tersebut, kata Earth Observatory NASA.

"Saya belum melihat kolam lelehan berkembang dengan cepat di Antartika," Mauri Pelto, seorang ahli geologi di Nichols College di Massachusetts, mengatakan kepada NASA Earth Observatory. "Anda melihat peristiwa mencair semacam ini di Alaska dan Greenland, tetapi tidak biasanya di Antartika," imbuhnya.

Ilmuwan iklim Xavier Fettweis memprediksi jumlah air lelehan yang mencapai lautan bisa jadi berasal dari semenanjung Antartika. Gelombang panas adalah kontributor tertinggi kenaikan permukaan laut musim panas ini, katanya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)